-
9 Agustus 2023 2:53 pm

Program Kampung Gizi Baik di Pengasinan dan Bedahan : Solusi Problematika Kesehatan Balita Stunting dan Gizi buruk

Program Kampung Gizi Baik di Pengasinan dan Bedahan : Solusi Problematika Kesehatan Balita Stunting dan Gizi buruk
Pada hari Rabu, 9 Agustus 2023 tim Zakat Baik kembali hadir untuk membantu masyarakat sekitar dalam mengentaskan permasalahan sosial yang terjadi. Pada kesempatan ini, Zakat Baik telah melaksanakan launching program terbarunya dalam sektor Kesehatan. Yaitu Kampung Gizi Baik (KGB), Program Kampung Gizi Baik diperuntukkan untuk membantu balita-balita terbebas dari Stunting dan Gizi Buruk. Alhamdulilah pada program ini Zakat Baik berkolaborasi dengan beberapa stakeholder, diantaranya pemerintah daerah khususnya Kelurahan Pengasinan dan Bedahan, para akademisi baik mahasiswa ataupun ahli gizi, dan media-media lokal yang turut memeriahkan publikasi program Kampung Gizi Baik.

dokumentasi bersama seluruh Stake Holder
dokumentasi bersama seluruh Stake Holder


Setelah Tim Zakat Baik melakukan riset mendalam bersama ahli gizi dan pihak puskesmas di area Kelurahan Pengasinan dan Bedahan Kota Depok, terdapat 167 balita menderita stunting dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tentu yang sudah dapat dipastikan penyebab balita menderita stunting adalah faktor ekonomi keluarga. Pada event hari ini, Zakat baik melakukan intervensi program kepada 10 balita dalam penanganan stunting, Intervensi program yang dilakukan Zakat Baik yaitu pemberian Makanan bergizi sesuai standar dari Kementeriaan Kesehatan dan juga paket sembako sehat khusus balita.

Pada Kesempatan ini di hadiri pula oleh Kepala Puskesmas Pengasinan Dr. Ratih Oktriviani, Sekretaris Kelurahan Pengasinan Bapak Toni Faisal , S.Ap dan Kepala Bidang Kemasyarakatan Kelurahan Bedahan Ibu Rani Yoshinta, S.Sit . Program Kampung Gizi Baik akan berlangsung selama satu bulan penuh, dimana 10 balita akan diberikan makanan bergizi setiap harinya untuk menambah porsi gizi sesuai dengan standar bayi sehat. Perlu diketahui, Tim Zakat Baik menemukan beberapa fakta mengejutkan saat riset lapangan dilakukan. Ekonomi keluarga yang minim dan kondisi orang tua menjadi salah satu penyebab anak menjadi stunting.

Pertumbuhan tinggi badan dan berat badan anak melambat tidak sesuai dengan usia anak pada normalnya. Tidak hanya itu, kondisi kebersihan lingkungan rumah pun menjadi faktor. Kondisi rumah kumuh dan tidak terurus merupakan fakta-fakta yang kami temukan di lapangan khususnya di Kelurahan Pengasinan dan Bedahan Kota Depok. Program Kampung Gizi Baik (KGB) juga melibatkan kader posyandu untuk turut aktif melakukan pengawasan mendalam dalam proses penanganan dan pencegahan balita stunting.

peserta program Kampung Gizi Baik mendengarkan penyuluhan
peserta program Kampung Gizi Baik mendengarkan penyuluhan

Mengingat, dalam kasus stunting diperlukan konsistensi dalam pemberian asupan gizi. Dalam hal ini diperlukan juga kesadaran dari para orang tua atau pengasuh untuk memastikan anak sudah diberikan makanan bergizi yang layak dan sehat sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Program Kampung Gizi Baik (KGB) menjadi upaya Zakat Baik dalam mengimplementasikan Suistanable Development Goals (SDGS) ketiga yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Alhamdulillah Sobat Zakat Baik harta yang didonasikan melalui kami langsung kami salurkan melalui program kebaikan kebaikan diatas salah satunya. Dan masih banyak lagi kelompok dan masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita semua.


Yuk sobat Zakat baik kita berikan yang terbaik karena didalam harta kita ada hak mereka yang membutuhkan. Bank Syariah Indonesia 7700777116 a.n. ZAKAT BAIK Konsultasi dan Konfirmasi ke 081315759908 (Aisyah)




Tambahan Dokumentasi :


simbolis pemberian Tambahan Makanan Bergizi
simbolis pemberian Tambahan Makanan Bergizi

simbolis program kampung gizi baik ke kelurahan Pengasinan Sawangan Depok
simbolis program kampung gizi baik ke kelurahan Pengasinan Sawangan Depok

simbolis penyerahan kerjasama Zakat Baik dengan Kepala Puskesmas Pengasinan
simbolis penyerahan kerjasama Zakat Baik dengan Kepala Puskesmas Pengasinan

Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.