-
21 Februari 2024 3:09 pm

Penyaluran Mushaf Al Quran dan Buku Iqro ke Ponpes Hidayatunnidzommiyah

Penyaluran Mushaf Al Quran dan Buku Iqro ke Ponpes Hidayatunnidzommiyah
Pondok pesantren Hidayatunnidzommiyah, salah pesantren yang tim Zakat Baik kunjungi saat tim berada di Kabupaten Sukabumi. Berada di jajaran perbukitan serta harus melalui jalanan kecil untuk menuju Pondok Pesantren Hidayatunnizommiyah. Tim Zakat Baik harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit untuk sampai lokasi dengan berjalan kaki. Melewati perkebunan serta sawah menjadi rute kami yang harus dilalui untuk mengantarkan bantuan yang diamanahkan oleh ayah bunda donatur Zakat Baik. Sebanyak 120 exp Al Qur’an, 100 pcs iqro, Tim Zakat Baik salurkan dengan selamat sampai tujuan.
-
Pondok Pesantren Hidayatunnidzommiyah merupakan pesantren tradisional yang berada di himpitan perkebunan dan sawah warga Kecamatan Cidahu. Dengan melalui jalan-jalan sempit diantara rumah warga , Tim Zakat Baik mengantarkan bantuan dengan selamat walaupun harus diguyur hujan cukup deras. Di Sambut hangat oleh santri santriwati pondok pesantren, kami pun cukup terharu saat berkunjung. Karena pihak dari pondok baik santri ataupun pengurus sudah menunggu sejak pengajuan Al Qur’an dan Iqro dua pekan lalu. Mereka sangat menanti bantuan yang akan diberikan tentunya berupa Al Qur’an.
-
“Alhamdulilah kang, hatur nuhun atas Al Qur’annya , kami disini sangat membutuhkan. Sudah mencari bantuan kemana-kemana namun belum dapat. Akhirnya sekarang dari Zakat Baik memberikan”. Ucap Syahdan salah satu santri Pondok Pesantren Hidayatunnidzommiyah. Bangunan Pondok cukup sederhana, dengan berada di dekat hamparan sawah, di bangun dengan kayu dan bambu pondok pun dapat berdiri kokoh dan tegap.

Pondok tradisional yang dibangun dengan kayu dan bambu, berdiri dengan sederhana menampung 50 santri yatim dan dhuafa. Mengandalkan biaya operasional dari sumbangsih masyarakat sekitar yang tidak seberapa. Tim Zakat Baik sangat terharu mendengar cerita ada satu hari dimana santri-santri kesulitan untuk makan. Santri-santri harus mencari terlebih dahulu lauk pauk dan beras untuk dikonsumsi. Terkadang mereka terpaksa harus menahan perih tidak berbuka puasa sama sekali dikarenakan tidak tersedianya persediaan logistik untuk berbuka puasa saat bulan Ramadhan tiba.

Ponpes Hidayatunnidzommiyah jauh dari keramaian atau pusat perdagangan kota, sedikit sekali Tim Zakat Baik melihat adanya pedagang atau pasar di sekitar ponpes. Para pengurus dan santri harus menuju area perkotaan terlebih dahulu untuk menjangkau pasar atau kebutuhan lainnya. Meskipun dengan segala keterbatasan dan kendala yang nyata , tidak membuat para santri dan santriwati Ponpes Hidayatunnidzommiyah Lelah dan tidak bersemangat menuntut ilmu. Dengan hati yang tabah dan kesabaran, Alhamdulilah santri-santri dapat bertahan hingga saat ini walau sudah banyak suka duka perih dilalui.

Alhamdulilah pada perjalanannya, Santri – santriwati Ponpes Hidayatunnidzommiyah berangsur dapat belajar dengan mudah. Bantuan mushaf Al Quran yang telah diterima sangat bantu proses menghafal santri dan santriwati, Al Quran yang sebelumnya sudah banyak yang lesu dan kusam akibat tergerus waktu, kini santri dan santriwati dapat menggunakan Al Quran dari ayah bunda donatur Zakat Baik. InsyaAllah ini menjadi amal jariyah untuk seluruh elemen masyarakat yang terlibat terkhusus ayah bunda donatur dari Zakat Baik.

Yuk berbagi Mushaf Al Quran melalui : Bank Syariah Indonesia No. 7700777717 a.n Sedekah Al Quran
Konfirmasi Donasi 0823-1013-0061 (Aisyah)
https://zakatbaik.org/sedekahalquran


Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.