-
26 Januari 2024 10:38 am

Zakat Darimu Memperbaiki Gizi Nadya Azzahra

Zakat Darimu Memperbaiki Gizi Nadya Azzahra
Nadya Azzahra balita berumur 22 bulan yang berasal dari keluarga dalam kategori dhuafa. Nadya merupakan anak kedua dari pasangan Bapak Rahmat dan Ibu Maryati. Nadya memiliki kakak yang saat ini berusia 7 tahun. Kedua orang tua Nadya sudah tidak bekerja, dan hanya memiliki warung kecil jajanan anak didepan rumahnya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Hasil dari warung tersebut tidak seberapa, hanya cukup untuk makan sehari-hari itupun kalau banyak pembeli. Sering kali, warung tersebut harus tutup karena tidak ada modal untuk membeli bahan-bahan jualan. Saat tim Zakat Baik berkunjung, Ibu Maryati, Ibunda dari Nadya bercerita bahwa warung sudah 4 hari tutup. Ia dan suami kehabisan modal, penghasilannya selama ini digunakan untuk makan kedua anaknya. Dari usaha warung jajanan anak tersebut, Ibu Maryati dan suami hanya bisa mendapatkan penghasilan sebanyak 20-30 ribu saja jika banyak pembelinya. Jika sedang sepi pembeli, orang tua dari Nadya tersebut harus bersabar karena harus menutup Kembali warung tersebut.

Kondisi Nadya Saat itu cukup memprihatinkan, Berat badan Nadya hanya 7,3 kg. Sangat kecil dan kurus untuk anak usia yang hampir 2 tahun. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi dan makanan bergizi. Kesulitan ekonomi membuat kurangnya asupan susu untuk Nadya. Di tambah kondisi lingkungan rumah yang tidak terawat dengan baik kebersihan dan kenyamanannya
Kondisi tempat tinggal Nadya
Kondisi tempat tinggal Nadya
Kondisi rumah Nadya dan keluarga cukup memprihatinkan, tidak ada toilet dan mck. Nadya dan keluarga harus menuju sungai untuk kebutuhan mandi , mencuci dan lain-lain. Ini menjadi faktor timbulnya anak kurang gizi dan stunting. Kebersihan dan kenyamanan rumah menjadi faktor utama lainnya selain asupan makanan bergizi.

Kondisi rumah pun tidak beralas keramik, masih beralas semen kasar yang ditutupi karpet tipis. Tidak ada plafon atau penyangga atap lainnya dan jika hujan deras terjadi atap sering kali bocor. Tidak ada barang dan peralatan mewah dirumah keluarga Nadya, hanya satu Kasur tipis yang sudah rusak dan tidak layak pakai. Namun Nadya harus menerima kenyataan untuk tidur dan istirahat di Kasur tersebut karena kedua orang tuanya belum mampu membeli Kasur baru.
Monitoring Program Kampung Gizi Baik Di Rumah Nadya
Monitoring Program Kampung Gizi Baik Di Rumah Nadya
Alhamdulilah setelah satu bulan Tim Zakat Baik melakukan implementasi program Kesehatan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dan susu sehat, Nadya cenderung mengalami perubahan yang signifikan. Berat badan Nadya bertambah hingga 9 kg dalam waktu satu bulan. Kesehatan Nadya pun membaik, yang bermula sering sekali mengalami drop kini berangsur imunitas tubuhnya bertambah.

Terima kasih, sahabat baik telah mendukung program kemanfaatan Zakat Baik. Semoga Allah SWT memberikan pahala dan keberkahan untuk kita semua. Aamiin ya Rabbal ‘alamin
Yuk Tunaikan Zakatmu Melalui :
Bank Syariah Indonesia 7700777116 a.n. ZAKAT BAIK
Konfirmasi dan konsultasi zakat ke 0823-1013-0061 (Aisyah)
https://zakatbaik.org/
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.