-
22 September 2023 1:47 pm

Kebun Gizi ramah Lansia di Kelurahan Bedahan, Zakat Baik implementasikan Suistanable Development Goals (SDGS) ketiga

Kebun Gizi ramah Lansia di Kelurahan Bedahan, Zakat Baik implementasikan Suistanable Development Goals (SDGS) ketiga
Jumat, (22/09/2023) tim Zakat Baik kembali hadir untuk membantu masyarakat sekitar dalam mengentaskan permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat. Pada kesempatan ini, Zakat Baik bersama Rumah Zakat telah melaksanakan launching penanaman benih bibit tanaman dengan program terbarunya di sektor Kesehatan. Yaitu Kebun Gizi Ramah Lansia, setelah sebelumnya telah melakukan implementasi program Kampung Gizi Baik yang membantu balita-balita stunting dan gizi buruk di wilayah Bedahan dan Pengasinan Kecamatan Sawangan, kini Zakat Baik menghadirkan program khusus para lansia dhuafa.

Program Kebun Gizi Ramah Lansia diperuntukkan untuk membantu lansia khususnya para ibu dalam memenuhi kebutuhan Kesehatan melalui edukasi dalam berkebun. Alhamdulilah pada program ini Zakat Baik berkolaborasi dengan beberapa stakeholder, diantaranya pemerintah daerah khususnya Kelurahan Bedahan yang dihadiri oleh Bapak Mahruddin selaku Lurah Bedahan, Komunitas AgriQur’an, relawan inspirasi dan Tokoh masyarakat yang turut memeriahkan launching Program Kebun Gizi Ramah Lansia diantaranya Bapak Romlih Andi selaku ketua RW 01 Bedahan.

Setelah Tim Zakat Baik melakukan riset mendalam bersama pihak pemerintah setempat, para akademisi dan juga relawan lokal, masih banyak para lansia yang kini hidup sendiri tanpa keluarga yang menemani. Selain membantu dalam sektor kesehatan, Kebun Gizi Ramah Lansia ini akan menjadi agenda rutinitas ibu-ibu lansia agar tetap produktif.
hasil penanaman bibit di polybag
hasil penanaman bibit di polybag
Pada event hari ini, Zakat baik melakukan intervensi program kepada 70 lansia di Kelurahan Bedahan Kecamatan Sawangan Kota Depok. Dengan menggunakan lahan seluas lebih kurang 300 m2 milik salah satu peserta, berdiri kebun gizi yang dapat diolah oleh ibu lansia. Konsep program yang dibangun cukup sederhana, media tanam yang digunakan polybek dan tentu tidak memerlukan banyak alat dan tenaga dalam mengolahnya mengingat peserta mayoritas sudah lanjut usia. Adapun bibit tanaman yang akan disemai adalah tanaman herbal yang kaya akan vitamin dan nutrisi untuk ibu lansia. Salah satunya adalah pakcoy, lemon , dan bayam Brazil.

ceremoni bersama Lurah Bedahan penanaman dan penyiraman bibit
ceremoni bersama Lurah Bedahan penanaman dan penyiraman bibit


Ibu Mumun salah satu penerima manfaat mengatakan “ Alhamdulilah mas , ini baru sekali saya mengikuti kegiatan berkebun untuk kesehatan , sangat bermanfaat untuk saya dan masyarakat” ucapnya. Selain dengan adanya edukasi dalam berkebun , event hari ini juga menghadirkan pemeriksaan Kesehatan untuk melihat kondisi Kesehatan peserta. Baik pengecekkan untuk tensi darah, kadar gula , dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilakukan semata-mata sebagai bentuk kepeduliaan Zakat Baik terhadap Ibu Lansia yang mengikuti program. Kebun Gizi Ramah Lansia ini tidak hanya diperuntukkan untuk lansia peserta program , namun hasil panen dari kebun akan dibagikan gratis untuk masyarakat umum di wilayah sekitar.
pendataan peserta program ramah Lansia
pendataan peserta program ramah Lansia
Program Kebun Gizi Ramah Lansia ini merupakan bentuk kolaborasi dengan Rumah Zakat yang sudah beberapa tahun ini menjadi mitra dari Zakat Baik dalam mengentaskan permasalahan sosial yang terjadi di Masyarakat. Program Kebun Gizi Ramah Lansia menjadi upaya Zakat Baik dalam mengimplementasikan Suistanable Development Goals (SDGS) ketiga yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera.

Alhamdulillah Sobat Zakat Baik harta yang didonasikan melalui kami langsung kami salurkan melalui program kebaikan kebaikan diatas salah satunya. Dan masih banyak lagi kelompok dan masyarakat lainnya yang membutuhkan bantuan dan uluran tangan kita semua. Yuk sobat Zakat baik kita berikan yang terbaik karena didalam harta kita ada hak mereka yang membutuhkan.

Yuk lanjutkan kebaikan ini.

Bank Syariah Indonesia
No. 7700777116
a.n. ZAKAT BAIK

Konfirmasi ke 081315759908 (Aisyah)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.