-
13 Maret 2024 9:20 am

SUKA DUKA PERJALANAN RUMAH QURAN AL FITRAH PENGABDIAN TANPA BATAS

SUKA DUKA PERJALANAN RUMAH QURAN AL FITRAH PENGABDIAN TANPA BATAS
Rumah Quran Al Fitrah berdiri diatas tanah milik satu warga dengan bangunan sederhana di Kampung Kandang Kelurahan Duren Seribu , Kecamatan Bojongsari, Kota Depok . Dengan luas bangunan yang hanya cukup menampung 20 anak dalam satu kali sesi pembelajaran. Jumlah santri yang belajar di Rumah Quran Al Fitrah sebanyak 80 santri yang terdiri dari berbagai jenjang kelas, mulai dari tingkat SD hingga SMP. Di bangunan sederhana itulah sebanyak 80 santri belajar bergantian yang terbagi dalam beberapa sesi. Tidak banyak fasilitas yang ada di Rumah Tahfizh Al Fitrah, hanya ada Mushaf Al Quran dan Iqro yang tidak banyak dengan kondisi lesu dan kusam. Alhamdulilah , pada kesempatan ini Tim Zakat Baik Menyalurkan bantuan Al Quran sebanyak 30 exp untuk kebutuhan proses belajar anak-anak.

Cerita mengharukan pun hadir dari Ibu Haliza pendiri dari Rumah Quran Al Fitrah. Beliau menceritakan awal mula berdirinya tempat bernaung 80 santri untuk belajar Al Quran. Berawal dari ketulusan hati beliau sebagai aktivis sosial yang senantiasa membantu masyarakat membutuhkan. Beliau senang dunia anak-anak dan pendidikan Al Quran, pengabdiannya kepada masyarakat sudah mencapai pelosok negeri dengan berbagai karakteristik budaya yang ada. Hingga pada akhirnya Ibu Haliza berkomitmen membangun sebuah rumah Quran untuk anak-anak yang membutuhkan di Duren Seribu , Bojongsari, Kota Depok.
-
Tidak mudah perjalanan Ibu Haliza dalam merintis Rumah Quran Al Fitrah, ujian pertama yang ia harus hadapi adalah di PHK nya sang suami saat pandemi Covid 19 melanda. Tidak ada pemasukan untuk keluarga , apalagi penunjang operasional Rumah Quran yang ia dirikan. Semua asset baik rumah ataupun kendaraan pribadi harus direlakan demi berjalannya kehidupan keluarga dan Rumah Quran , Usia sang suami yang kini sudah tidak muda Kembali sangat menyulitkan suami Ibu Haliza dalam mencari pekerjaan sampai pada akhirnya santri-santri tidak punya tempat bernaung untuk belajar dikarenakan rumah yang biasanya sebagai tempat belajar kini harus terjual.

Beruntung, salah satu wali santri mengizinkan Ibu Haliza untuk mendirikan bangunan sementara untuk para santri belajar. Tidak luas dan bangunannya pun terlihat sederhana, namun dibangunan inilah berdiri Rumah Quran Al Fitrah dan Keluarga Ibu Haliza tinggal membersamainya. “ kasian sebenarnya mas, keluarga dan anak-anak saya harus menumpang disini, tapi apa boleh membuat karena kondisi yang seperti ini”, ucap Ibu Haliza.

Sejak rumah pribadi Ibu Haliza dan Suami terjual, keluarga Ibu Haliza harus pindah-pindah kontrakan mencari harga yang terjangkau sekaligus sebagai tempat anak-anak belajar. Namun apa daya, tidak ada penghasilan tetap membuat Ibu Haliza dan keluarga harus menerima kenyataan pernah diusir dari satu kontrakan ke kontrakan lainnya.

Yuk berbagi Mushaf Al Quran melalui :

Bank Syariah Indonesia
No. 7700777717 a.n Sedekah Al Quran

atau Berbagi Sedekah Iqro :

Bank Syariah Indonesia
No. 7700777019 a.n Sedekah Iqro

Konfirmasi Donasi 0823-1013-0061 (Aisyah)

https://zakatbaik.org/sedekahalquran

Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.