30 September 2021 7:10 pm

Peringati Hari Tani Nasional, Zakat Baik Berdayakan Pemuda Desa Rabak Dengan Budidaya Ikan Gurame

Peringati Hari Tani Nasional, Zakat Baik Berdayakan Pemuda Desa Rabak Dengan Budidaya Ikan Gurame
Rumpin, Bogor - Masih dalam momen peringatan Hari Tani Nasional tahun 2021, Zakat Baik launching program di bidang ekonomi melalui budidaya ikan gurame yang menyasar para pemuda di Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. Seremoni serah terima paket bantuan budidaya ikan gurame di kolam terpal digelar pada 30 September 2021 di Kampung Sampay, Desa Rabak Rumpin Bogor. Hadir Perwakilan Kecamatan, Kepala Desa, pendamping desa hingga aparatur RT dan RW setempat.
Seremoni dan sambutan dari aparatur Desa Rabak, Rumpin Bogor dalam acara Serah Terima Paket Bantuan Budidaya Ikan Gurame di Kampung Sampay, Desa Rabak, Rumpin Bogor
30 September 2021
Seremoni dan sambutan dari aparatur Desa Rabak, Rumpin Bogor dalam acara Serah Terima Paket Bantuan Budidaya Ikan Gurame di Kampung Sampay, Desa Rabak, Rumpin Bogor 30 September 2021
Paket Bantuan dengan total 6 kolam ikan terpal dan 1 unit kolam tandon telah diamanahkan pengelolaannya kepada Kelompok Tani Millenial Sampay (KTMS). KTMS sebagai wadah anggota kelompok tani dari kalangan anak-anak milenial Desa Rabak yang terdiri dari 30 anggota dari berbagai kampung yang ada di Desa Rabak. Jumlah telur yang ditebar untuk tahap pertama ini sebanyak 6.000 telur ikan gurame.

"Pemberdayaan ekonomi dalam bentuk budidaya ikan gurame dipilih karena ikan gurame saat ini sangat diminati oleh masyarakat. Dari segi rasanya pun lezat dan harga jualnya lebih tinggi dibandingkan jenis ikan konsumsi lainnya," tutur Hendra Aditya Ketua Zakat Baik dalam sambutannya.
Sistem budidaya yang dilakukan adalah sistem konvensional, dengan kolam terpal dengan segmen budidaya pendederan, yaitu dari telur ke benih. Target panen perdana akan dilakukan setelah 2 bulan perawatan dengan hasil panen ukuran kuku jempol orang dewasa.

Tenaga Ahli Zakat Baik sedang memberikan pelatihan terhadap petani milenial
Tenaga Ahli Zakat Baik sedang memberikan pelatihan terhadap petani milenial
"Mudah-mudahan seluruh anggota Kelompok Tani Millenial Sampay ini yang telah dibentuk ini dapat menyerap ilmu yang nanti akan diberikan selama masa pendampingan selama 6 bulan, dan ke depan dapat menjadi alternatif wirausaha agar tercapai kemandirian ekonomi," tutup Hendra.
Blog Post Lainnya
Kontak Kami
0813 1575 9908
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
@2021 Zakat Baik Inc.