-
5 September 2024 3:52 pm

Bantuan Pembiayaan Kepada UMKM Dengan Akad Qardhul Hasan

Bantuan Pembiayaan Kepada UMKM Dengan Akad Qardhul Hasan
Pada hari Rabu, 4 September 2024, Zakat Baik kembali memberikan bantuan pembiayaan kepada UMKM dengan akad Qardhul Hasan yang bertempat di Kantor Kelurahan Pondok Petir, kota Depok. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program pemberian bantuan kepada 20 UMKM dengan akad qardhul hasan sebagai salah satu bentuk pinjaman syariah tanpa bunga dengan niat membantu sesama tanpa mencari keuntungan. Konsep akad ini menjadi cerminan kebaikan dalam dunia ekonomi, dimana sejalan dengan ajaran Islam yang mendorong umatnya untuk berbuat baik dan saling membantu.

Para peserta dengan khidmat membaca ikrar sebagai tanda komitmen mereka dalam memanfaatkan pinjaman modal usaha dengan sebaik-baiknya. Pembacaan ikrar ini mencerminkan semangat dan tekad para pelaku UMKM untuk mengembangkan usaha mereka melalui bantuan pembiayaan yang diberikan. Setelah pembacaan ikrar, tim Zakat Baik memberikan penjelasan terkait teknis pelaksanaan pembiayaan dengan akad Qardhul Hasan. Dijelaskan bahwa setiap peserta UMKM menerima pinjaman bantuan modal usaha dan diharuskan untuk mengembalikan sebesar Rp 100.000,- setiap bulannya. Dari pengembalian dana yang terkumpul kemudian diigulirkan kembali sebagai pemberian bantuan pembiayaan kepada UMKM lainnya.
-
Terdapat penambahan 2 pelaku usaha yang telah menerima rantai bantuan kebaikan tersebut. Sinar bahagia terpancar di wajah para peserta ketika mendapatkan bantuan. Program pembiayaan modal ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para UMKM dalam mengembangkan usahanya sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi perekonomian lokal.

Alhamdulillah, saat ini zakat baik telah menyalurkan bantuan dana bergulir kepada total 22 pelaku UMKM diwilayah Pondok Petir. Dengan memanfaatkan pinjaman tanpa bunga ini, para UMKM dapat fokus mengembangkan usaha mereka tanpa terbebani oleh biaya tambahan yang seringkali memberatkan.

Semangat berbuat kebaikan yang tercermin dalam program Qardhul Hasan ini juga menciptakan efek domino positif dalam masyarakat. Program ini juga mendorong solidaritas dan kebersamaan, serta memberdayakan komunitas lokal untuk saling mendukung dan menginspirasi.

Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung program ini. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya bagi ekonomi lokal.

Yuk Tunaikan Zakatmu Melalui :

Bank Syariah Indonesia
7700777116
a.n. ZAKAT BAIK

Konfirmasi dan konsultasi zakat ke 0823-1013-0061 (Aisyah)
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.