-
7 Februari 2023 10:34 am

SUPER ZAKAT

SUPER ZAKAT
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.”(QS: At-Taubah ayat 103)

Zakat mampu membangun kehidupan masyarakat yang bersih, barokah dan terus berkembang, serta menjadikan diri ini sadar bahwa pada harta yang kita miliki itu ada hak orang lain. Kesuksesan yang kita raih sejatinya ada kontribusi dari peran orang lain. Selain itu Zakat akan membuat hati kita tidak terlalu melekat dengan harta. Allah SWT berfirman:

وَّجَعَلَنِيْ مُبٰـرَكًا اَيْنَ مَا كُنْتُ ۖ وَاَ وْصٰنِيْ بِا لصَّلٰوةِ وَا لزَّكٰوةِ مَا دُمْتُ حَيًّا ۖ

“dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkahi di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (melaksanakan) sholat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup”. (QS. Maryam 19: Ayat 31)

Dengan Zakat, kita telah membersihkan harta dengan cara menghilangkan hak orang lain yang masih bercampur dengan harta Kita. Kebayang jika hidup pergi kemana-mana membawa harta yang bukan haknya. Tidak nyaman bukan?

Dalam harta yang dititipkan oleh Allah pada kita, terdapat hak-hak orang lain di dalamnya. Allah berfirman : “Bahwa dalam setiap harta terdapat hak orang lain (orang yang meminta-minta dan orang yang tidak meminta-minta).” (QS. Adz-Dzaariyat : 19). Oleh karena itu, kita harus membersihkan harta kita dari hak-hak orang lain, karena kita akan dimintai pertanggungjawaban atas hal tersebut.

Untuk mensucikan harta kita dari hak-hak orang lain, kita diperintahkan untuk menunaikan zakat. Zakat itu akan disalurkan kepada mustahik yang telah disebutkan dalam Al-Qur’an, “Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk (1) orang-orang fakir,(2) orang-orang miskin, (3) pengurus-pengurus zakat,(4) para mu’allaf yang dibujuk hatinya,(5) untuk (memerdekakan) budak, (6) orang-orang yang berhutang, (7) untuk jalan Allah dan (8) untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah : 60).


Ayo berzakat !! bersihkan hartamu railah keberkahan…

Bank Syariah Indonesia
7700777116
a.n. ZAKAT BAIK

Konsultasi dan Konfirmasi ke 081315759908 (Aisyah)

https://zakatbaik.org/
Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.