18 November 2020 8:57 am

Kegiatan Harian Rumah Tahfizh Qur'an Khairukum

Kegiatan Harian Rumah Tahfizh Qur'an Khairukum
Setiap hari, santriwati khairukum disibukkan dengan kegiatan yang produktif, khususnya kegiatan tahsin dan tahfizh quran. Selain kegiatan utama tersebut, ada beberapa program yang biasa dilakukan setiap harinya oleh para santriwati dengan myenyesuaikan jadwal yang telah dibuat. Alhamdulillah semua kegiatan dijalani dengan rasa senang dan rasa syukur.
Sebelum memulai aktivitas dipagi hari, para santriwati melakukan sholat dhuha berjama’ah diasrama. Para santri dibiasakan agar memulai hari dengan amalan sunah yaitu sholat dhuha. Sholat dhuha sendiri memiliki keutamaan, salah satu diantaranya yaitu dapat menghapus dosa sekalipun dosa tersebut seperti buih dilautan. Pembiasaan sholat dhuha ini salah satu tujuannya adalah agar para santri mengamalkan sunah sunah Rasulullah SAW dan menjalani hari penuh keberkahan.
Setelah melakukan sholat dhuha, para santriwati melakukan apel pagi dengan ustazah/musyrifah pembimbing. Sebelum kegiatan tahfizh dimulai, biasanya para santri membacakan doa asmaul husna.
Para santriwati mengahafalkan Al- Qur’an yang dibagi menjadi 5 sesi halaqoh, yaitu halaqoh subuh, dhuha, siang, sore, dan malam. Halaqoh tersebut menjadi kegiatan utama di Rumah Tahfizh Khairukum ini. Dengan target yang telah ditentukan, santriwati diharapkan dapat mencapai target hafalan 30 juz dalam waktu kurang lebih 3 tahun di asrama.
Selain kegiatan tahsin dan tahfizh qur’an, yang menjadi salah satu kegiatan utama di Rumah Tahfizh Khairukum adalah pelajaran kitab ulum syar’i yang diajarkan oleh pengajar yang mampu dibidangnya. Pelajaran yang diajarkan dalam kegiatan ini diantaranya yaitu, fikih 1, tarikh, dan akidah. Dengan adanya program pembelajaran tersebut, diharapkan para santriwati memiliki pengetahuan islam yang baik dan memiliki sikap serta adab yang baik pula. Waktu pembelajaran dilaksanakan setiap hari selasa pukul 13.00-15.00. pembelajaran tersebut juga didukung dengan buku buku yang telah disediakan oleh Rumah Tahfizh Khairukum untuk pengajar dan masing-masing santri, harapannya agar pembelajaran dapat maksimal dan seluruh santri dapat membaca serta mempelajari materi dengan maksimal.
Setiap hari kamis, para santriwati melaksanakan kegiatan pembelajaran umum diknas. Santriwati Rumah Tahfizh Khairukum saat ini berada di jenjang 1 SMP. Fasilitas pendidikan yang disediakan oleh Rumah Tahfizh Khairukum yaitu mengikuti program SMP Terbuka yang berada di wilayah Sawangan Depok. Pembelajaran dilaksanakan 1kali dalam satu pekan. Hal tersebut dikarenakan agar tidak bentrok dengan jadwal menghafal para santri diasrama. Tenaga pengajar yang kami pilih juga berasal dari pihak ekstrenal Rumah Tahfizh Khairukum. Dengan adanya program Sekolah Terbuka, diharapkan para santriwati memiliki wawasan yang luas terkait ilmu pengetahuan yang semakin berkembang saat ini. Kami menyediakan modul modul pembelajaran untuk menunjang kebutuhan para santri agar maksimal dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan setiap pekannya. Harapannya, santriwati dalam belajar dengan lebih maksimal.
Gambar di atas adalah kegiatan Ujian Tengah Semester yang dilaksanakan oleh para santriwati Rumah Tahfizh Khairukum. Kegaiatan tersebut dilaksanakan selama satu pekan. Waktu pelaksanaannya mulai pukul 13.00-15.00. di waktu tersebut, para santriwati mengganti kegiatan halaqoh siang dengan mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester. Pengerjaan UTS dilaksanakan di Asrama Rumah Tahfizh Khairukum. Sementara, bahan soal diberikan oleh pihak sekolah terbuka dan digandakan oleh pihak Rumah Tahfizh Khairukum sesuai dengan jumlah santriwati yang ada.
Setiap bulan diawal pekan, para santriwati melaksanakan kegaiatan skill kemandirian. Biasanya dalam agenda tersebut, para santriwati diajarkan proses menjahit yang diajarkan langsung oleh ahlinya. Dengan adanya kegiatan skill kemandirian, diharapkan para santriwati mampu menjadi perempuan yang mandiri dan memiliki keahlian baik soft skill maupun hard skill.
Selain melakukan berbagai kegiatan seperti diatas, para santriwati khairukum juga dibiasakan melaksanakan puasa sunah senin dan kamis. Puasa senin dan kamis dilakukan dengan semangat oleh para santriwati, karena dijalankan bersama sama. Selain itu, dengan dijalankan puasa sunah senin dan kamis, diharapkan juga nilai nilai keagamaan melekat dalam diri para santriwati salah satunya dengan puasa sunah. Biasanya para santriwati buka bersama dengan takjil yang telah disediakan. Terimakasih untuk para donatur yang telah berpartisipasi dalam donasi sedekah makan untuk para santriwati khairukum.
Setiap harinya, santriwati diberikan makan sebanyak 3 kali dalam sehari. Selain makan berat, para santriwati juga diberikan snack ringan dan buah buahan untuk kebutuhan setiap harinya. Selain makan berat dan snack ringan, setiap pagi para santriwati diberikan susu dan kurma agar tetap terjaga kesehatannya selama berada di Rumah Tahfizh Khairukum. Semoga apa yang bapak/ibu berikan untuk kebutuhan makan satriwati menjadi pahala jariyah hingga akhirat kelak sebagai pemberat amalan kebaikan.
Setiap hari jum’at, para santriwati melaksanakan halaqah outdoor untuk mencari suasana baru dan menghindari kejenuhan diasrama. Halaqaoh biasa dilakukan dimasjid sekitar asrama dengan suasana yang asri dan tetap kondusif. Halaqah ini biasanya dilakukan pada saat waktu dhuha sampai siang hari, setelah itu kembali lagi keasrama untuk istrahat dan persiapan halaqah berikutnya.
Dihari minggu, santriwati melakukan kegiatan senam bersama dan beberapa games motivasi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengurangi kejenuhan selama satu pekan berada diasrama. Selain olahraga dan games, ada motivasi juga yang diharapkan bisa menumbuhkan semangat para santri untuk lebih giat benghafal dan belajar Al-Qur’an selama di Rumah Tuhafizh Khairukum.
Terimakasih kepada bapak/ibu yang telah memberikan sedekah makanan untuk para santriwati Khairukum. Alhamdulillah, dengan sedekah yang bapak/ibu berikan bisa mengisi energi untuk para santriwati dalam menghafal Al-Qur’an. Gambar diatas diambil pada saat pemberikan sedekah makanan langsung dari donatur. Biasanya, setiap hari jumat, beberapa donatur memberikan donasi berupa makanan langsung atau berupa beras untuk kebutuhan makana santriwati di asrama. Mudah-mudahan selalu berikan keberkahan atas donasi yang telah bapak/ibu berikan untuk para santri penghafal qur’an di RTQ Khairukum.
Blog Post Lainnya
Kontak Kami
0813 1575 9908
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
@2021 Zakat Baik Inc.