-
1 September 2023 7:10 am

Bebas dari kemiskinan melalui pemberdayaan eknomi dan pemuda; Kontribusi Zakat Baik membangun Desa

Bebas dari kemiskinan melalui pemberdayaan eknomi dan pemuda; Kontribusi Zakat Baik membangun Desa
Rabu (31/08/2023) Zakat Baik konsisten dalam menebar kebermanfaatan dalam segala bidang. intervensi pemberdayaan ekonomi pemuda melalui kegiatan budidaya ikan gurame dan nila dimulai sejak akhir tahun 2021 (Oktober) yang berjalan selama 6 bulan. Sampai sekarang kegiatan budidaya masih berlangsung.
-
Melalui program pemberdayaan ekonomi yang diselenggarakan oleh Zakat Baik dengan optimalisasi potensi pemuda serta sumber daya desa menjadi modal utama atas keberlangsungan kesejahteraan masyarakat Desa Rabak Kampung Sampay Kecamatan Rumpin. Melalui program budidaya Ikan gurame dan nila , pemuda-pemuda Kampung Sampay menjadi lebih produktif dalam bermasyarakat memajukan perekonomian desa.

Desa Rabak Kecamatan Rumpin, lolos dari empat besar Kampung Keluarga Berkualitas (KB) mewakili Kabupaten Bogor ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Dari empat besar, diantaranya Desa Rabak Kecamatan Rumpin, Desa Cipayung Girang Kecamatan Megamendung, Desa Ciasmara Kecamatan Pamijahan, dan Desa Purasari Kecamatan Leuwiliang.
-
Selain itu, Zakat Baik juga melakukan implementasi program khusus pemuda desa dengan mengadakan sekolah produktif guna meningkatkan kapasitas dari pemuda-pemuda desa. Dari Pendidikan budidaya, kerajinan, dan keagamaan menjadi rutinitas yang sudah dilakukan di Kampung Sampay.

Inisiator Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Ihsanudin mengucapkan banyak terima kasih pada kesemua pihak, sehingga Kampung Keluarga Berkualitas (KB) lolos dari empat besar, hingga mewakili Kabupaten Bogor ditingkat Provinsi Jawa Barat. "Allhamdulilah, Kampung KB yang berada di Kampung Sampay lolos 4 besar Kampung KB," kata Ihsanudin.

Menurutnya, lolosnya Kampung Sampay RT04/02, ada beberapa indikator progam dan kegiatan yang berjalan dengan baik. Salah satunya adalah kegiatan dari seluruh dinas-dinas dan instansi terkait. "Jadi kegaiatan apapun tetap berjalan dengan baik. Karena Kampung KB ini, terencana dengan baik sejak awal,"terang Ihsanudin.

Program Pemberdayaan ekonomi ini menjadi upaya Tim Zakat Baik dalam mewujudkan Suistanable Development Goals (SDGS) diantaranya :
1. Tanpa Kemiskinan (SDGS pertama)
2. Tanpa Kelaparan (SDGS Kedua)
3. Pendidikan Berkualitas (SDGS Keempat)

Sementara itu, Kepala Desa Rabak H. Wawan Nurwandi menjelaskan, Pemerintah Desa Rabak Kecamatan Rumpin, masuk empat besar. Diantaranya, Kecamatan Megamendung, Pamijahan, Leuwiliang dan Kecamatan Rumpin. "Dari empat kecamatan, Desa Rabak Kecamatan Rumpin masuk peringkat terbaik ke-1," tutur Wawan Nurwandi.

Wawan Nurwandi, menambahkan, masuknya peringkat pertama di Desa Rabak, adalah Kampung Sampay di RT04/02. Jadi, ada beberapa indikator pendukung hingga menjadi peringkat pertama. "Allhamdulilah, Desa Rabak kecamatan rumpin bisa mewakili Kabupaten Bogor tingkat Provinsi Jawa Barat," pungkasnya.

Yuk lanjutkan kebaikan ini dengan Zakat Terbaik darimu :

Rekening Zakat
Bank Syariah Indonesia
7700777116 a.n. ZAKAT BAIK

Konfirmasi ke 081315759908 (Aisyah)

Dokumentasi Lainnya :
-
-

-

Blog Post Lainnya
-
Kontak Kami
0823-1013-0061
info@zakatbaik.org
Perum Vila Rizki Ilhami 2 Jl. Raihan Boulevard Ruko RD 9 Sawangan, Depok, Jawa Barat
Ikuti kami
Scan Untuk Berdonasi
-
@2024 Zakat Baik Inc.