#ZakatBerkahiNegeri

Sucikan harta dengan tunakan zakat sekarang juga!





“Peliharalah hartamu dengan menunaikan zakat, obatilah orang-orang sakit dengan bersedekah dan tolaklah bencana dengan do’a.” (HR At-Thabrani)

Kenapa Harus Bayar Zakat?

Membersihkan Harta
“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka.” (QS. At-Taubah : 103)
Harta Menjadi Lebih Berkah
Salah satu makna zakat lainnya adalah Al-Barakatu, yang artinya berkah. Dengan membayarkan zakat atas harta yang kita miliki akan selalu dilimpahkan juga keberkahan oleh Allah SWT.  keberkahan harta ini tentunya akan berpengaruh pada keberkahan kita dalam menjalani hidup, Insya Allah.
Memperlancar datangnya rezeki
Mengamalkan salah satu rukun Islam
Zakat merupakan bagian dari pondasi rukun islam yang keempat, setelah Syahadat, Sholat, dan Puasa. Dengan menjalankan zakat, maka akan semakin sempurna ibadah seseorang dalam menjalankan perintah agama. Hal ini tentunya merupakan suatu tujuan dari setiap muslim demi mendapatkan ridho dari Allah SWT.
Solusi Dari Banyaknya Masalah Umat
"...beritahukan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan zakat kepada mereka pada harta-harta mereka, diambil dari orang kaya di antara mereka, lalu dikembalikan kepada yang fakir di antara mereka.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Terhindar Dari Ancaman Azab Allah SWT
“Sampaikanlah berita gembira pada orang-orang yang menyimpan  hartanya (tidak mau membayar zakat) bahwa batu-batu yang dipanaskan di neraka Jahannam akan diletakan di puting mereka hingga keluar dari pundaknya, dan diletakan di pundaknya hingga keluar dari puting kedua dadanya, hingga membuat tubuhnya bergetar tidak karuan.” (HR. Bukhari).
"dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku"
[ QS Al-Baqarah 2:43 ]

Jenis-Jenis Zakat

Zakat Fitrah
Zakat Maal atau Zakat Harta
Harta Perniagaan
Hasil Pertanian
Hasil Ternak
Harta Emas dan Perak
“Bila engkau memiliki dua ratus dirham dan telah berlalu satu tahun (sejak memilikinya), maka padanya engkau dikenai zakat sebesar lima dirham. Dan engkau tidak berkewajiban membayar zakat sedikit pun–maksudnya zakat emas- hingga engkau memiliki dua puluh dinar. Bila engkau telah memiliki dua puluh dinar, dan telah berlalu satu tahun (sejak memilikinya), maka padanya engkau dikenai zakat setengah dinar. Dan setiap kelebihan dari (nisab) itu, maka zakatnya disesuaikan dengan hitungan itu.”  (HR. Abu Daud)

Tunaikan Zakat bersama Zakat Baik


Zakat Baik Bersama adalah lembaga filantropi mengelola dana zakat, infaq dan sedekah untuk mewujudkan masyarakat berdaya mandiri.

Bergerak menebar manfaat di bidang kesehatan, pemberdayaan masyarakat, ekonomi, dan pendidikan dengan bertumpu pada semangat kebaikan yang sinergis, multimanfaat, dan berkelanjutan.

Yayasan Zakat Baik secara resmi menjadi Mitra Rumah Zakat dalam penghimpunan dana Zakat.

Zakat Anda Akan Digunakan Untuk

Berbagi Kegiatan:
- Pendidikan
- Kesehatan
- Pemberdayaan
- Sosial Kemanusiaan
- Dakwah

Asyiknya Berzakat!

Yakinlah, bahwa kita tidak akan terjatuh dan bersedih karena berzakat. Karena hal kecil yang kita bagikan bisa jadi suatu yang sangat berarti dan membahagiakan bagi orang lain.